Definisi
Game Engine
Game
engine adalah perangkat lunak yang menyediakan pembuat game serangkaian fitur
yang di perlukan untuk membangun game dengan cepat dan efisien.
Game
engine merupakan framework untuk game development yang mendukung dan menyatukan
beberapa area inti
Fungsi Game Engine:
-
Renderer (2D or 3D)
-
Collision Detection
-
Scripting
-
Sound / Video
-
Animation
-
Shading / Lighting
-
Networking
-
Physics
-
Artificial Intelligence
-
Level Editor
-
Custom Tools
Assets:
-
Digunakan oleh render engine, sound / video engine, animation
engine
-
Semua yang ada di dalam game selain kode: Models, Textures,
Sounds, Videos dan Animation
Scene Graph:
-
Memberitahu Render Engine dimana menempatkan Assets
-
Arranges a scene: logically dan spatially
-
Tree structure: Hierarchical
-
Graph structure: Non-hierarchical
Render Engine:
-
Biasanya dibangun di OpenGL atau DirectX
-
Menghasilkan gambar secara real-time dari Assets
-
Dikendalikan oleh Scene Graph
-
Berinteraksi langsung dengan GPU (Graphics Processing Unit)
Collision Detection
Engine:
-
Mendeteksi persimpanagan dua atau lebih objek: spheres, planes,
tubes dan polygons
-
Respon tabrakan berkaitan dengan mensimulasikan apa yang terjadi
ketika tabrakan terdetksi
Scripting Engine:
-
Biasanya menggunakan interpreted language ( seperti: Phyton)
-
Mengizinkan custom code
-
Tidak memerlukan source code
-
Tidak mengubah engine code
-
Game tertentu
Sound / Video Engine:
-
Biasanya dimainkan berdasarkan suatu event
-
Dibangun dari external library
-
Video sering hanya digunakan untuk cut-scene atau sebagai bagian
dari in-game
Pengenalana
Software Construct 2
Construct
2 merupakan sebuah game editor berbasis teknologi HTML5 yang sebenarnya
lebih ditujukan kepada non-programmer agar dapat membuat game dengan sangat
mudah melalui fitur drag-and-drop dan behaviour-based logic system. Untuk
penjelasan lebih lanjut tentang Construct 2, kamu dapat membacanya di postingan
saya sebelumnya, Construct 2 – Buat Game Tanpa Ngoding.
Pada postingan kali ini, saya akan
memperkenalkan fitur-fitur yang terdapat pada antarmuka Construct 2.
Tampilan awal Construct 2
Berbeda dengan game engine lainnya, Construct
2 langsung memberikan kesan mudah digunakan sejak pertama kali dijalankan.
Dengan fitur interface ribbon seperti yang dimiliki oleh keluarga Microsoft
Office 2007 ke atas, Construct 2 tidak akan mengintimidasai pengguna, khususnya
pengguna pemula yang baru akan belajar membuat game.
Start Page
Start Page Construct 2
Start Page adalah halaman yang pertama kali
muncul setelah kita menjalankan Construct 2. Start page berisi
perintah-perintah untuk membuat dan membuka project yang ada di harddisk,
membuka project terbaru yang sedang dikerjakan, membuka project contoh, serta
link untuk manual, tutorial, dan lain-lain.
Interface

Antar muka Construct 2 secara umum terbagi
menjadi dua, yaitu layout/event view dan bar-bar pendukung project. Untuk
penjelasan lebih rinci tentang antar muka Construct 2 lanjut scroll ke bawah 🙂
1. File Menu dan Ribbon Tabs
Construct
2 menggunakan interface ribbon, seperti yang sudah saya jelaskan di atas.
Tombol biru dengan panah drop-down adalah File menu, dan ke kanan selanjutnya
adalah tombol ribbon yang akan memunculkan ribbon bar berisi menu-menu sesuai
kategorinya.
Terdapat juga quick-access toolbar yang berisi
4 tombol perintah yang umum digunakan : Save, Undo, Redo dan Preview. Kamu bisa
menambah dan menghapus tombol tersebut dengan mengklik tombol panah di
sebelahnya.
1.1. File Menu

File menu dapat diakses dengan mengklik tombol
biru di sudut kiri atas ribbon. Recent Projects pada sebelah kanannya
adalah daftar project terbaru yang kita buka.
·
New : Membuka dialog Create New Project unntuk membuat
project baru.
·
Open : Membuka project yang terdapat di disk komputer kita.
·
Save : Menyimpan project yang sedang kita kerjakan ke
harddisk.
·
Save As Project : Menyimpan project beserta assetnya dalam
suatu folder.
·
Save As Single File : Menyimpan project menjadi satu file
berekstensi .capx.
·
Export project : Mengekspor game kita ke platform yang
diinginkan.
·
Close Tab : Menutup tab yang sedang dibuka.
·
Close Project : Menutup project yang sedang dibuka.
Di bawah File menu juga terdapat 4 tombol
tambahan :
·
Help : Membuka manual Construct.
·
About : Membuka dialog About yang berisi infomasi tentang versi
Construct 2, dan lain-lain.
·
Preferences : Membuka dialog Preferences unuk pengaturan
Construct 2.
·
Exit : Menutup Construct 2.
1.2. Ribbon
Secara default, ribbon tersembunyi hingga kita
mengklik salah satu tab ribbon. Kita bisa mengatur agar ribbon tampil secara
permanen dengan mengklik pin button di sudut kanan atas layar. Keyboard shortcuts
dapat ditemukan dengan mendekatkan mouse ke tombol pada ribbon atau dengan
mengklik tombol Alt.
The Home tab
Home
tab berisi fungsi-fungsi standar software pada umunya, seperti Cut, Copy,
Paste, Undo dan Redo. Tombol Delete, Select All, dan Select None memberikan
pengaruh pada Layout View atau Event Sheet View yang sedang aktif. Bagian
Preview berisi tombol untuk preview project dan tombol untuk ekspor game kita
ke platform yang diinginkan.
The View tab
Bagian
Bars berisi pengaturan untuk menampilkan berbagai bar antarmuka pada Construct
2. Bagian Zoom untuk memperbesar atau memperkecil Layout View maupun Event
Sheet. Bagian Layout Grid hanya akan aktif ketika Layout View juga aktif.
Dengan mengaktifkan Snap to Grid, objek yang kita gerakan dan pindahkan akan
terikat ke grid yang telah kita atur. Theme mengizinkan kita untuk memilih
style visual untuk antar muka Construct 2 kita.
The Events tab
Tab
Events hanya akan aktif ketika kita bekerja pada Event Sheet View. Jika Layout
View yang sedang terbuka, semua tombol pada Tab Events tidak akan aktif. Pada
tab ini terdapat button-button untuk mendukung pembuatan event game kita.
2. Layout View dan Event Sheet View
2.1. Layout View
Layout View adalah visual editor tempat kita
meletakkan objek untuk mendesain game kita, level, menu screen, dan lainnya.
2.2.
Event Sheet View
Event
Sheet View adalah tempat dimana event-event ditambahkan, dilihat, dan di-edit
dalam tampilan event sheet menggunakan sistem event tanpa-pemrograman Construct
2.
Diagram Event

Events are made up of three major sections:
Events terdiri dari 3 bagian utama, yaitu :
1. Event
Block yang berisi kondisi. Margin di sebelah kiri kondisi adalah untuk memilih
sebuah event event.
2. Kondisi,
berisi syarat-syarat untuk menajalankan aksi dari sebuah event.
3. Aksi,
berisi hal-hal yang akan dilakukan selanjutnya.
3. View Tabs
View
Tabs berguna untuk berpindah antara layout view dan event sheet view.